Manajemen Operasi (1)





           Pertama kita harus tahu, alasan apa yang membuat kita ingin berkuliah di manajemen. Manajemen adalah dimana kita mengatur orang lain untuk bisa membantu kita menyelsaikan tujuan kita. Fungsi Manajemen ada 4 (POAC)

1.      Planning : Pengaturan tujuan, mencari cara untuk bisa ke tujuan. Beberapa factor perencanaan SMART : Specific (Jelas), Measurable (pengukuran), Achievable (Dapat dicapai), Realistic (sesuai kemampuan), Time (batas waktu jelas).

2.      Organizing : Proses menjalankan rencana untuk sampai tujuan. Meliputi : Penugasan, membagi pekerjaan, menentukan orang untuk mengerjakan beberapa tugas.

3.      Actuating : Pelaksanaan kerja, realisasi kerja. Dimana seseorang harus Kerja keras, kerja cerdas, kerjasama dan Bersama dalam sebuah tatanan keorganisasian yang baik dan benar.

4.      Controlling : Pengontrolan dibutuhkan agar Visi, Misi, aturan dan program kerja bisa berjalan sesuai dengan rencana. Diusahakan penyimpangan yang terjadi itu diketahui sejak dini dan diselesaikan saat itu juga. Harus segera ada tindak lanjut, antisipasi, koreksi dan penyesuaian job desk kembali. Karena jika dibiarkan, hal itu akan membesar dan berdampak pada proses pekerjaan yang lainnya.

Alasan Mempelajari Manajemen Operasi (MO) :

1.      Satu dari tiga fungsi utama (Marketing, Finance, Operation) dari setiap organisasi dan berhubungan erat dengan semua fungsi bisnis lainnya.
2.      Mempelajari barang dan jasa di produksi.
3.      Memahami “apa saja yang dikerjakan manajemen Operasional?”
4.      MO paling banyak menghabiskan biaya, memberi banyak peluang untuk keuntungan perusahaan dan masyarakat.

Letak MO sangat strategis karena sedikit perubahan kebijakan dan alokasi biaya produksi. Akan berdampak besar pada sistem perusahaan serta untung rugi suatu perusahaan tersebut. Jadi dibandingkan pemasaran atau keuangan, Manajemen operasilah yang paling fital.

Lalu apa itu Manajemen Operasi?

Dulu Namanya adalah manajemen produksi, karena pada saat itu prodak berbentuk barang. Lambat laun akhirnya Namanya pun diganti menjadi manajemen operasi, karena prodak pada saat ini bukan hanya berbentuk barang saja, tapi juga ada prodak berupa jasa dan sekarang banyak dijumpai sekitar kita. Misalnya Gojek, jasa kurir, jasa joki, dll…

Lalu apa itu Produksi?  

Merupakan suatu kegiatan yang dikerjakan untuk menambah nilai guna suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan (1). Karena salah satu fokus kita mempelajari manajemen operasi adalah di bagian Produksi. Produksi itu sangat kompleks. Bahkan dalam satu lembar kertas saja mempunyai banyak sekali proses agar kertas itu bisa sampai di tangan kita. Produksi dilakukan untuk memenuhi kebutuhan manusia untuk mencapai kemakmuran.

Comments

Popular posts from this blog

Ekonomi Indonesia (6)

Ekonomi Indonesia (8)